Algoritma Facemash Di Film The Social Network

Posted on Kamis, 24 Februari 2011 |
Dalam Film The Social Network diceritakan bahwa sebelum Facebook dibuat, Mark Zuckersberg membuat sebuah game yang bernama Facemash. Facemash adalah sebuah permainan dimana pemain harus memilih satu foto diantara 2 foto perempuan yang ada dalam permainan itu. Penentuan mana foto yang menjadi Top Rated di tentukan dengan Sebuah algoritma (ELO Rating Sytem). Berikut adalah penjelasan algoritma yang di gunakan dalam permainan Facemash yang dikutip dari http://pawanz.wordpress.com/2011/01/02/facemash-algorithm-from-social-network-movie/.

Sistem peringkat Elo adalah suatu metode untuk menghitung tingkat keterampilan relatif pemain dalam permainan dua pemain seperti catur. Hal ini dinamai perusahaan pencipta Arpad Elo, seorang profesor fisika Amerika kelahiran Hungaria

Algoritma:

Sekarang menurut algoritma berikut ini repersents nilai yang diharapkan Player A
E_A = \ frac {1 1 + 10 ^ {(R_B - R_A) / 400}}.
Demikian pula nilai yang diharapkan untuk Player B


Dimana RA nilai sekarang dari Player A dan RB adalah nilai sekarang dari pemain B.

Ketika pemain A akan memainkan pertandingan apa yang pernah dia akan memiliki skor akan dibandingkan dengan skor yang diharapkan dan yang akan memberikan rating baru untuk pemain A. Ini akan dilakukan dengan menggunakan rumus di bawah ini;


Dimana SA adalah nilai sebenarnya dari pemain A. K adalah konstanta yang memiliki dua nilai untuk pemain Master K = 16 dan untuk pemain yang lebih lemah akan K 32.

Sekarang mari kita mengambil ecample perempuan peringkat seperti yang dilakukan dalam film Jaringan Sosial. Misalnya kita memiliki tabel berikut:
Girl Current Rating Result Score
A 80
B 90 Lost 0
C 30 Won 1
D 50 Draw 0.5
E 40 Won 1

Sekarang seperti yang Anda bisa dengan jelas melihat bahwa A comapred dengan 4 gadis-gadis dan dia telah mencetak 2,5 poin. Jika Anda menghitung skor yang diharapkan menggunakan rumus di atas maka

2,157 (0,485 +0,572 +0,543 +0,557).

Sekarang menggunakan rumus kedua diberikan di atas kita akan menghitung Peringkat baru untuk pemain A  menggunakan K=16 maka

R'A = 80 + 16 (2,5-2,157) = 85,2

Jadi ini semua tentang algoritma itu. Ini banyak digunakan dalam permainan seperti sepak bola dll

2 Komentar:

Anonim mengatakan...

Gan, trus cara bikin scriptx untuk dimasukan ke PHP gmna?
Yang kyk agan bkin dibawah artikel tuh, yang lucu, menarik keren.

Asep Maulana Ismail mengatakan...

yang mana gan? hha

Posting Komentar

Belanja di Amazon.com


Top 5 of the Week

Copyright © Autodidact. Diberdayakan oleh Blogger.

ShoutMix chat widget

Mau punya buku tamu seperti ini?
Klik disini.