OmniTouch Merubah Permukaan Apapun Menjadi Touchscreen

Posted on Kamis, 29 Desember 2011 |
Baru-baru ini sebuah teknologi baru yang cukup menarik telah lahir. Teknologi ini memungkinkan permukaan apapun menjadi sebuah “touchscreen”.

Teknologi bernama OmniTouch, yang masih dalam tahap perkembangan di lab riset Microsoft, ini hadir dalam dalam bentuk prototype berupa sebuah unit hardware yang “dikenakan” dan bisa memproyeksikan gambar pada berbagai macam permukaan. Interaksi dari OmniTouch ini tidak memerlukan kalibrasi (penyesuaian dengan bidang permukaan yang digunakan) terlebih dahulu.

Bayangkan Anda melakukan dial telepon dari telapak tangan Anda, begitulah cara kerja OmniTouch. Dengan teknologi ini, bagian tangan Anda bisa menjadi “smartphone” Anda dan meja bisa menjadi “tablet PC” Anda. OmniTouch menawarkan keuntungan sebuah perangkat mobile sambil menambah kemampuan interaktif pengguna.
Prototype yang dipamerkan Microsoft pada acara ACM symposium UIST 2011 (Association for Computing Machinery’s Symposium User Interface Software and Technology ), perusahaan software raksasa ini mengunakan kamera yang digunakan OmniTouch memiliki sistem kerja yang mirip dengan Microsoft Kinect namun telah dimodifikasi untuk berfungsi dalam jarak dekat. Pengguna “mengenakan” kamera tersebut dan kemudian sistem akan memproyeksikan UI (User Interface) pada berbagai macam permukaan.



Teknologi yang ditawarkan OmniTouch memang sangat menarik, namun Anda pasti berpikir bentuk dari prototype OmniTouch, yang berupa kamera dan beberapa hardware lainnya dengan penyangga yang bisa dikenakan oleh pengguna, ini akan nampak konyol jika digunakan oleh pengguna umum dalam kehidupan sehari-hari. Tetapi kembali lagi pada fakta bahwa ini masih prototype dari OmniTouch, kita tidak tahu kearah mana teknologi ini akan berkembang kedepannya.

Berikut video demo dari OmniTouch:

 

sumber : http://portal.paseban.com/article/3010/omnitouch

0 Komentar:

Posting Komentar

Belanja di Amazon.com


Top 5 of the Week

Copyright © Autodidact. Diberdayakan oleh Blogger.

ShoutMix chat widget

Mau punya buku tamu seperti ini?
Klik disini.