Database Dan Sistem Informasi

Posted on Minggu, 09 Januari 2011 |
Konsep Dasar Pengaturan File

Bagaimana cara mengatur file??
Database adalah kumpulan data yang saling berhubungan yang diatur secara logis yang dirancang dan dibangun untuk tujuan khusus.database disini adalah representasi dari sebuah teknologi untuk mengumpulkan banyak fakta yang memungkinkan Anda untuk memotong dan membuang, dan menggabungkan serta memasangkan data dengan beragam cara. Data pada sebuah database memiliki banyak makna. Bagaimanapun, menghubungkan banyak fakta dan data tidak bisa begitu saja disebut database. database memiliki banyak tingkat kerumitan, dan dapat diperoleh secara manual atau dengan perangkat lunak pada sebuah komputer.

Pengaturan Data: Hierarki Penyimpanan Database

Apa saja unit datanya?dari yang terkecil sampai yang terbesar?
Hierarki penyimpanan data terdiri atas level data yang disimpan dalam sebuah database komputer : bits, field, record, dan file.

Bit komputer seperti atas dasar prinsip bahwa listrik bisa dihidupkan dan dimatikan(prinsip saklar on/off). jadi bit adalah unit data terkecil yang bisa disimpan komputer.jadi,bit adalah unit data terkecil yang bisa disimpan dalam komputer yang direpresentasikan dengan lambang angka 0 (off) atau 1 (on).

Karakter
Suatu karakter (byte) adalah sebuah huruf atau angka atau karakter khusus, sebagai contoh: A,B,&,%,2,dll adalah contoh karakter tunggal. gabungan beberapa bit akan membentuk sebuah karakter.
bit dan byte merupakan dasar untuk menyajikan data baik data yang akan diproses, dikomunikasikan jarak jauh, atau disimpan dalam sebuah database. Komputer banyak berhubungan dengan bit dan byte namun user database, seperti Anda, akan banyak berhubungan dengan Field, record, dan file.

Field
Field adalah sebuah unit data yang berisi satu atau lebih karakter (byte). Ia merupakan unit terkecil dari informasi berharga dalam database. setiap field memiliki nama field yang menggambarkan jenis data yang harus dimasukkan ke dalam field. Contoh field adalah nama pertama Anda, alamat jalan, atau jenis kelamin Anda.
Field dapat didesain dengan panjang maksimun terntentu. Field juga dapat didesain dengan tipe data berbeda, semisal hanya teks, atau hanya angka, tanggal, waktu, atau bahkan hanya jawaban “ya” dan “tidak”, link web, gambar, suara dan video.

Record
Record adalah kumpulan field-field yang berhubungan. Masing-masing record menyimpan data hanya sekitar satu entitas, yang bisa erupa orang, tempat benda dan peristiwa atau gejala. Contoh record bisa saja nama dan alamat Anda dan Nomor Jaminan sosial Anda.

File
File adalah kumpulan record-record yang saling berhubungan. contoh sebuah file adalah data tentang siapa saja yang bekerja di departemen yang sama dalam sebuah perusahaan, termasuk nama, alamat, dan nomor jaminan sosial. File banyak digunakan karena ia merupakan kumpulan data atau informasi yang diperlakukan sebagai satau unit oleh komputer.
dalam hierarki data, file berada dalam bagian atas. Kumpulan file yang berhubungan membentuk suatu database.database sebuah perusahaan mencakup semua file pegawai sebelumnya dan pegawai saat ini di departemen. Setiap pegawai bisa punya beberapa file, sebagai contoh file upah, dana pensiun, kuota penjualan, dan penerimaan, dan sebagainya.

Key Field
apa itu key field?dan apa yang dapat menjadi key field saya yang terpenting?
Konsep yang penting dalam pengaturan data adalah key field. Key Field adalah field yang dipilih pada record sehingga record tersebut dapat dengan mudah diperoleh kembali dan diproses. Key field kadang berupa nomor identifikasi, nomor jaminan sosial, nomor induk pegawai, atau semacamnya. dari hal ini dapat ditarik kesimpulan bahwa key field memilik karakteristik unik (tidak ada yang sama satu sama lain). Key field lebih disukai berupa angka. Key field dapat terdiri dari lebih satu key.

Tipe File: File Program dan File Data
Apa Perbedaan File Program dan file Data?
File adalah kumpulan informasi yang oleh komputer diperlakukan sebagai satu uit. File diberi nama – nama file.
Nama File juga memiliki ekstensi, atau nama ekstensi.biasanya berupa tiga huruf setelah titik yang mengikuti nama file. misal .doc, yang dikenali Microsoft Word sebagai “document”. Ekstensi ini disisipkan secara otomatis oleh pengolah dokumen.

a. File Program: Untuk instruksi perangkat lunak
File Program adalah file yang berisi instruksi perangkat lunak. Contohnya adalah pengolah kata atau program spreadsheet, yang terdiri beberapa program.
File program sumber: memuat instruksi komputer tingkat tinggi dalam format asli yang ditulis oleh programer.
Instruksi program sumber baru dapat digunakan setelah prosesor menerjemahkannya kedalam file yang dapat dieksekusi. File ini dapat dikenali melalui ekstensinya berupa .exe atau .com


b. File Data: untuk mengambil Data
File Data adalah file yang memuat data. tidak seperti file program, file data tidak menyuruh komputer untuk melakukan sesuatu. Akan tetapi file data akan berperan dalam file program. contoh ekstensi file data yang umum adalah: .txt, .doc, .xls, dsb

tiga file data yang memilik peran khusus adalah
File grafis: diantaranya: .bmp, .tiff, .jpeg, .png
file audio: diantaranya: .mp3, .wav, .midi
file video: diantaranya: .mpg, .wmv, .avi


Kompresi dan Dekompresi: menempatkan Lebih banyak data di ruang yang lebih kecil.
Bagaimana file besar dikompresi dan didekompresi?
Kompresi: adalah metode untuk memindahkan elemen-elemen secara berulang-ulang dari sebuah file sehingga file membutuhkan ruang penyimpanan yang lebih sedikit dan akhirnya membutuhkan waktu transmisi yang lebih singkat juga. Selanjutnya data akan didekompresi- pola yang berulang akan diperbaiki.
Kompresi lossless: saat melakukan kompresi menggunakan teknik matematis untuk mengganti pola bits berulang dengan ringkasan berkode. Selama dekompresi, ringkasan berkode diganti dengan pola asli dari bits. Dalam metode ini, data yang keluar sama dengan data yang masuk. teknik ini dilakukan untuk memastikan tidak ada data yang berkurang/hilang.
kompresi Lossy:Perbedaannya dengan kompresi lossless, teknik ini mebuang data secara permanen selama kompresi. Kelemahannya adalah hilangnya akurasi tertentu. Metode ini kerap dilakukan untuk kompresi file grafis dan suara.

Sumber : http://lukas.students-blog.undip.ac.id/tag/karakter/

3 Komentar:

Di@my mengatakan...

gan,,klo boleh ngasih. saran,, texs yg ngikut kursor.. di hilangin aj,, agak mengganggu gtu.. makasih,,

Asep Maulana Ismail mengatakan...

hha makasih sarannya .. ia entar lah d ilangin..skrang lg males blogging,.. sibuk .. :)

Asep Maulana Ismail mengatakan...

udah diilangin bang.. hehehe

Posting Komentar

Belanja di Amazon.com


Top 5 of the Week

Copyright © Autodidact. Diberdayakan oleh Blogger.

ShoutMix chat widget

Mau punya buku tamu seperti ini?
Klik disini.